Liga Europa : Hasil Ajax Amsterdam vs Brighton: Skor 0-2

Liga Europa

SkorBola365.com – Ajax Amsterdam menelan kekalahan pada pekan ke-4 Grup B Liga Europa 2023/2024. Ajax dikalahkan Brighton di Johan Cruijff Arena, Jumat (10/11/2023) WIB.

Laga ini sebenarnya berlangsung sengit dan cukup berimbang. Pembedanya hanya pada detail permainan dan kesalahan-kesalahan yang dibuat.

Untuk dua hal itu, Brighton lebih unggul hingga sanggup mencetak dua gol melalui Ansu Fati (15’) dan Simon Adingra (53’).

Baca Juga : Arsenal Berhasil Memetik Poin Penuh Ketika Menjamu Sevilla Dengan Skor 2-0

Hasil ini memastikan Ajax semakin terbenam di dasar klasemen dengan baru mengoleksi 2 poin. Brighton sementara naik ke posisi 2 dengan 7 poin.

Babak Pertama

Ajax insiatif menyerang di awal-awal laga. Dua ancaman awal diberikan lewat sepakan jarak jauh Steven Berghuijs (3’) dan Kristian Hlynsson (13’). Kedua tendangan masih mampu diselamatkan Bart Verbruggen.

Di saat Ajax sedang asyik menguasai laga di menit-menit awal, Silvano Vos melakukan blunder mengerikan. Umpannya terlalu mudah dibaca dan direbut oleh Adingra, untuk kemudian dilakukan serangan cepat.

Bola kemudian sampai di kaki Fati. Kemampuan individu sang pemain memudahkannya untuk mengecoh pemain, lalu melepas tembakan yang bersarang ke pojok gawang Ajax. 1-0 Brighton unggul di menit ke-15.

Jelang berakhirnya babak pertama, Brighton nyaris menggandakan keunggulan lewat Adingra. Namun, sepakannya di menit ke-45+1 dari sudut sempit, masih bisa diselamatkan.

Babak Kedua

Tidak perlu waktu lama bagi Brighton untuk mencuri gol kedua begitu babak kedua dimulai. Keunggulan Brighton seketika menjauh di menit ke-53.

Adingra kali ini sukses mencatatkan namanya di papan skor. Prosesnya berawal dari serangan balik cepat yang diinisiasi oleh Fati. Adingra dengan tenang menaklukkan Ramaj dalam situasi satu lawan satu.

Gol ini membuat pertandingan semakin panas. Ajax yang tidak mau kalah begitu saja menambah tinggi intensitas permainan yang berakhir dengan sejumlah peluang.

Brighton pun demikian. Ada sejumlah peluang lewat serangan balik untuk menjauhkan keunggulan. Namun, penyelesaian akhir dari kedua klub masih kurang untuk mencetak gol tambahan di sisa laga.

Susunan Pemain

AJAX (4-3-3): Diant Ramaj; Anton Gaaei, Devyne Rensch, Josip Sutalo, Jorrel Hato; Silvano Vos, Kristian Hlynsson, Kenneth Taylor; Steven Berghuis, Brian Brobbey, Steven Bergwijn.
Manajer: John van’t Schip

BRIGHTON (4-2-3-1): Bart Verbruggen; James Milner, Jan Paul van Hecke, Lewis Dunk, Joel Veltman; Mahmoud Dahoud, Pascal Gross; Simon Adingra, Ansu Fati, Karou Mitoma; Joao Pedro.
Manajer: Roberto De Zerbi