Timnas Indonesia Sekarang Sangat Mengerikan Menurut STY

Sepakbola

skorbola365.com – Tae-yong menyebutkan peran pemain naturalisasi tidak hanya dilihat dari sisi kemampuan, tetap hal lainnya.

Pelatih Shin Tae-yong mengungkapkan keberadaan sejumlah pemain naturalisasi di timnas Indonesia turut membantu perkembangan tim dalam segi mentalitas bertanding, terutama ketika menghadapi kesebelasan yang tangguh.

Tae-yong mengutarakan, dari sisi skill, pemain Indonesia sebetulnya mempunyai potensi yang bagus. Hanya saja, kekurangan para pemain ini adalah rasa takut menghadapi kekalahan. Mereka juga merasa minder dalam menghadapi tim yang berada di atas.
Vietnam Pantau Sisa Kontrak Shin Tae-yong dengan Timnas Indonesia
Kehadiran pemain naturalisasi telah menghapus masalah tersebut. Menurutnya, perlahan-lahan mental pemain lokal menjadi lebih baik, dan mereka jauh lebih percaya diri. Bahkan Tae-yong menyebutkan ,

“Kekurangan dari pemain-pemain Indonesia yang ada adalah mereka agak tenggelam dalam rasa [takut atas] kekalahan dibandingkan masalah skill,” tutur Tae-yong dalam wawancaranya dengan laman Best Eleven.

“Banyak pemain timnas naturalisasi yang menghapus kekurangan tersebut. Jadi bisa dibilang Indonesia menjadi tim yang jauh lebih menakutkan dari sebelumnya.”

Tae-yong menambahkan, peningkatan ini membuat ia optimistis menghadapi kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, dan putaran final Piala Asia 2023 di Qatar pada awal tahun depan.

Di kualifikasi Piala Dunia 2026, Indonesia tergabung di Grup F bersama Irak, Vietnam, dan Filipina. Sedangkan di putaran final Piala Asia bersaing dengan Jepang, Irak, dan Vietnam.

“Kami membangun tim dengan baik seperti yang kami harapkan. Saya yakin kami dapat bersaing dengan percaya diri, dan melaju ke putaran final [kualifikasi Piala Dunia],” ucap pria berusia 53 tahun ini.

“Di Piala Asia, tidak mudah menghadapi Jepang, Irak, dan Vietnam. Indonesia menjadi tim dengan peringkat terbawah di antara finalis Piala Asia. Akan ada banyak bagian yang sulit. Tapi, tujuan kami adalah melaju hingga ke babak 16 besar.”

“Harapan saya, kami bisa melaju ke babak kualifikasi final. Saya yakin mungkin sekitar 70 sampai 80 persen. Saya kira kami punya peluang fifty-fifty untuk melaju ke 16 besar Piala Asia.”